Masalah yang sering terjadi pada Camera CCTV

Perlu diketahui, bahwa fungsi yang paling utama dari Camera CCTV yaitu untuk merekam berbagai macam aktivitas yang terjadi di jangkauan rekam kamera CCTV. Maka apabila kamera mengalami masalah, seperti tidak bisa melakukan perekaman, maka CCTV Camera tersebut sudah kehilangan fungsinya. Hal Ini juga bukan tidak mungkin akan membuat komponen lainnya yang ada pada CCTV menjadi tidak bekerja dengan semestinya. Semisal, harddisk yang ada pada DVR CCTV, apabila CCTV Camera tidak dapat merekam, maka harddisk CCTV pada DVR pun jadi kehilangan fungsinya. Selain itu, yang menjadi tujuan utama dari pemasangan CCTV, yakni adalah supaya bisa memantau segala aktivitas pun menjadi hilang.

OLeh karena itu, kita perlu untuk mengetahui apa saja yang mungkin menjadi penyebab hal itu terjadi, kemudian apa kiranya solusi yang terbaik untuk dapat mengatasi masalah itu. Dengan dibuatnya artikel ini, Kami akan sedikit mengulas dan memberi penjelasan mengenai bagaimana cara mengatasi hal ini. Karena Terdapat banyak kemungkinan yang dapat membuat kamera CCTV tidak bisa merekam. Berikut adalah penjelasannya :

Masalah yang sering terjadi pada Camera CCTV

  1. Kamera CCTV Mati ( Mengalami Kerusakan )

Ya tentu saja, alasan CCTV Camera Mengalami Kerusakan bisa dibilang sebagai alasan yang paling utama dan alasan yang paling masuk akal ketika kita menemukan masalah seperti CCTV tidak bisa merekam. Dalam menghadapi masalah yang seperti ini, Diantara hal yang bisa kita lakukan yakni mengecek apakah terjadi basah karena terkena air hujan pada kamera?, karena hal ini dapat membuat kamera tidak beroperasi sebagai mana mestinya.

Apabila ternyata aman, maka Cobalah untuk memasang kamera CCTV yang lainnya. Apabila bisa, maka segeralah memperbaiki kamera yang rusak tadi, namun apabila sudah tidak memungkinkan untuk diperbaiki, maka jalan satu-satunya adalah mengganti kamera CCTV tersebut.

  1. Power Supply CCTV Bermasalah

CCTV Camera membutuhkan sumber daya listrik supaya dapt bekerja sebagaimana mestinya. OLeh karena itulah kita harys mengecek keadaan power supply secara rutin agar tidak terjad hal yg tidak diinginkan. Selain dari power supply, sumber tenaga CCTV juga bisa diambil dengan melalui Adaptor.

Power supply dan juga adaptor sejatinya berfungsi sebagai sumber daya daripada kamera CCTV, maka sangat penting dan perlu untuk dipastikan apakah power supply tersebut dalam keadaan menyala atau tidak. Cara mengetesnya juga gampang sekali, yakni dengan cara melihat lampu indikator pada power supply. Jika hidup, itu artinya ada aliran listrik namun jika lampu indikator mati, itu artinya aliran listrik tidak ada. Kamu pun bisa melakukan penggantian kabel power supply dengan menggunakan kabel yang lainnya supaya power supply bisa menyala.

  1. Putusnya Kabel CCTV

Kabel CCTV yang putus juga dapat membuat kamera CCTV tidak melakukan fungsinya. Putusnya kabel CCTV ini bisa disebabkan oleh gigitan tikus, lingkungan, atau kualitas kabel yang jelek.

Untuk mengatasi hal ini, selanjutnya yang dapat anda lakukan yaitu memastikan  kembali setiap kabel CCTV telah terhubung ke setiap perangkat CCTV, seperti monitor, DVR/XVR/NVR dan juga kamera CCTV nya sendiri. Apabila kamu mengalami keraguan bahwa kabel telah tersambung dengan baik, maka sebaiknya kabel dicabut kemudian dipasang kembali.

  1. Rusaknya Port Konektor

Port Konektor yang rusak juga dapat menjadi penyebab kamera CCTV tidak mampu merekam. Solusi yang paling tepat dalam mengatasi hal ini yaitu anda dapat melakukan servis kepada orang yang ahli dalam melakukannya. Atau anda juga bisa membeli port konektor yang baru.

  1. Rusaknya DVR

Penyebab yang terakhir dari kamera CCTV yang tidak dapat merekam yaitu karena rusaknya perangkat DVR. Rusaknya perangkat DVR ini juga menjadi penyebab kamera CCTV tidak dapat mengirimkan rekaman video ke layar monitor. Solusi yang dapat anda lakukan untuk mengatasi hal ini yaitu dengan mengganti DVR, kemudian memastikan kembali kondisi DVR tersebut memang benar telah rusak atau tidak. seandainya memang rusak, maka DVR anda bisa diperbaiki atau lebih baik lagi diganti dengan yang baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *